Rabu, 25 Juli 2012

7 Habits - (7 Kebiasan yang baik).



7 Habits, berikut ini merupakan 7 kebiasaan yang perlu kita kerjakan untuk mendapatkan sukses didalam menjalani kehidupan.

 
1. Be Proactive – Jadilah Manusia Proaktif

Menjadi manusia proaktif berarti Anda secara sadar mengambil tanggung jawab atas kehidupan Anda sendiri. Dalam setiap situasi, Anda akan mempertimbangkan kondisi yang dihadapi kemudian mengambil keputusan.



  • menjalankan setiap keputusan yang dia ambil dan berusaha menjalankannya sebaik mungkin. 
  • fokus pada pekerjaannya dan sebaliknya jika dia memilih bersantai dia akan menikmati masa santainya.
  • tidak akan menyalahkan keadaan. Jika kondisi yang dihadapi tidak nyaman, orang proaktif akan mencari cara untuk mengubahnya.
  • memusatkan perhatian pada apa yang bisa diperbaiki. Mereka tidak menyalahkan masa lalu. Melainkan mereka menjalani apa yang ada di tangan mereka saat ini dan bagaimana melakukannya sebaik mungkin.
2. Begin With The End In Mind – Mulailah Segala Sesuatu Dengan Gambaran Akhirnya
Memulai sesuatu dengan gambaran akhir berarti ketika Anda ingin mengerjakan sesuatu, Anda mampu menggambarkan hasil akhir yang ingin dicapai dengan jelas. Dengan demikian, setiap tindakan akan memiliki visi dan tujuan yang jelas.
Apapun yang kita lakukan sesungguhnya melewati dua fase penciptaan.

  • Pertama kita ciptakan di alam mental. Kita membayangkan bagaimana bentuk akhir dari sesuatu yang ingin kita ciptakan atau sesuatu yang ingin kita lakukan. Kedua menciptakannya di alam nyata. Setelah kita punya gambaran, selanjutnya kita membuatnya menjadi kenyataan.
3. Put First Things First – Selalu Dahulukan Yang Lebih Utama
Manusia produktif akan fokus pada prioritas. Mereka sadar tidak semua hal yang ada bisa kita selesaikan. Karena itu mereka betul-betul menilai mana urusan yang paling penting kemudian mendahulukannya.
Adapun urusan yang lebih kecil, seharusnya ditempatkan pada prioritas selanjutnya jika urusan besar telah selesai.

4. Think Win-Win – Berpikirlah Menang-Menang, Bukan Menang-Kalah

Kebiasaan keempat manusia efektif berpikir menang-menang bukan menang kalah.
Setiap orang punya kepentingan. Saya punya kepentingan, Anda punya kepentingan, begitu juga orang lain. Kebiasaan berpikir menang-menang adalah berusaha untuk mencari jalan terbaik buat kedua belah pihak meskipun keinginan dan kepentingan kita berbeda.
Orang yang berpikir menang-menang akan selalu mengutamakan kerjasama, sifat kooperatif dan menguntungkan kedua belah pihak.
5. Seek First To Understand, Then To Be Understood – Pahami Orang Lain Dulu, Baru Mereka Memahami Anda
Memahami orang lain terlebih dahulu sebelum orang lain memahami Anda. Orang bijak mengatakan, kita memiliki dua telinga dan satu mulut agar lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.
Keterampilan mendengarkan atau “listening” menjadi penting buat semua orang, terutama jika Anda seorang pemimpin. Karena itu cobalah dengarkan orang lain terlebih dahulu.
Kebiasaan manusia efektif adalah berusaha memahami orang lain terlebih dahulu sehingga kemudian orang lain pun bisa memahami diri kita.
6. Synergize – Lakukan Sinergi Dengan Orang Lain
Lakukan sinergi dengan orang lain.
Orang efektif akan selalu bersinergi dengan pasangannya, rekan kerja, dan masyarakat di sekitarnya.
Apa itu sinergi?
Kita menggabungkan kekuatan diri kita dengan kekuatan orang lain untuk berkarya, demi kemajuan bersama. Bukan untuk bersaing atau saling menjatuhkan.
7. Sharpen The Saw – Asahlah Gergaji Agar Senantiasa Tajam dan Berfungsi Baik
Anda menggunakan fisik, pikiran dan mental dalam melakukan berbagai aktivitas. Agar senantiasa efektif, Anda perlu mengasah gergaji-gergaji tersebut sehingga selalu tajam dan berfungsi dengan baik.
Mengasah gergaji berarti memelihara dan memperbaharui aset terbesar: diri sendiri
Ada empat aspek yang perlu selalu kita asah:
  • Fisik: memastikan fisik yang prima lewat istirahat yang cukup, menjaga kebugaran tubuh lewat olahraga, dan tindakan lainnya.
  • Sosial/Emosional: memastikan hubungan sosial yang baik dengan keluarga, dan orang-orang di sekitar kita.
  • Mental: menjaga aspek psikis dengan cara mengelola stress yang mungkin muncul akibat tekanan kerja.
  • Spiritual: memperbaiki hubungan kita dengan Tuhan untuk selalu membimbing kita dalam setiap langkah

Dengan kebiasaan terakhir ini, akan membuat Anda bisa terus melakukan enam kebiasaan efektif lainnya.


Jika kita konsisten untuk melaksanakan 7 habits ini dalam kehidupan sehari-hari secara konsisten, maka kita akan merasakan manfaat yang nyata dalam kehidupan kita...