Jumat, 23 Desember 2011

kualitas kepemimpinan



Kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk membuat orang lain untuk rela mengikuti. Setiap organisasi membutuhkan pemimpin-pemimpin di setiap tingkatan.  
Pemimpin dapat ditemukan dan dipelihara jika Anda mencari karakter berikut.
Seorang pemimpin dengan visi memiliki gambaran yang jelas dan jelas tentang ke mana harus pergi, serta pemahaman yang kuat pada apa yang tampak seperti kesuksesan dan bagaimana untuk mencapainya. Tapi itu tidak cukup untuk memiliki visi, pemimpin juga harus berbagi dan bertindak atasnya. Jack Welch, mantan pemimpin dan CEO General Electric Co, mengatakan, "para pemimpin bisnis yang baik menciptakan visi, mengartikulasikan visi, semangat dan visi sendiri tanpa henti drive sampai selesai."

Seorang pemimpin harus mampu mengkomunikasikan visi nya dalam hal yang menyebabkan pengikut untuk membeli ke dalamnya. Dia atau dia harus berkomunikasi dengan jelas dan penuh semangat, karena gairah adalah menular. 
Seorang pemimpin yang baik harus memiliki disiplin untuk bekerja menuju visi nya mindedly tunggal, serta untuk mengarahkan tindakan nya dan orang-orang dari tim ke arah gawang. Aksi adalah tanda seorang pemimpin.

Seorang pemimpin tidak menderita "kelumpuhan analisis", tetapi selalu melakukan sesuatu dalam mengejar visi, menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Integritas adalah integrasi tindakan luar dan nilai-nilai batin. Seseorang integritas adalah sama di luar dan di dalam. Seperti seorang individu dapat dipercaya karena dia tidak pernah kurang dari nilai-nilai batin, bahkan ketika mungkin cepat untuk melakukannya. 
Seorang pemimpin harus memiliki kepercayaan dari pengikut dan karena itu harus menampilkan integritas. Urusan jujur, reaksi diprediksi, baik mengontrol emosi, dan tidak adanya amukan dan ledakan yang keras adalah semua tanda-tanda integritas. 
Seorang pemimpin yang berpusat pada integritas akan lebih didekati oleh para pengikut. Dedikasi berarti menghabiskan waktu atau energi apapun yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas di tangan. Seorang pemimpin mengilhami dedikasi dengan contoh, melakukan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan langkah selanjutnya menuju visi. Dengan menetapkan contoh yang sangat baik, pemimpin dapat menunjukkan pengikut bahwa tidak ada sembilan-ke-lima pekerjaan dalam tim, kesempatan hanya untuk mencapai sesuatu yang hebat. Kemurahan hati berarti memberi kredit dimana itu adalah karena. Seorang pemimpin menjamin kredit yang murah hati untuk keberhasilan tersebar seluas mungkin di seluruh perusahaan. Sebaliknya, seorang pemimpin yang baik mengambil tanggung jawab pribadi untuk kegagalan. Ini semacam kemurahan hati membantu orang lain sebaliknya merasa baik tentang diri mereka sendiri dan menarik tim lebih dekat bersama-sama. Untuk menyebarkan ketenaran dan mengambil menyalahkan merupakan ciri dari kepemimpinan yang efektif. Pemimpin dengan kerendahan hati mengakui bahwa mereka tidak lebih baik atau lebih buruk daripada anggota tim lainnya. 
Seorang pemimpin yang rendah hati tidak menonjolkan diri melainkan mencoba untuk mengangkat semua orang. Pemimpin dengan kerendahan hati juga memahami bahwa status mereka tidak membuat mereka dewa. Mahatma Gandhi adalah model peran bagi pemimpin India, dan dia mengejar "pengikut-sentris" peran kepemimpinan. Keterbukaan berarti mampu mendengarkan ide-ide baru, bahkan jika mereka tidak sesuai dengan cara biasa berpikir.
Pemimpin yang baik mampu menangguhkan penilaian sambil mendengarkan ide orang lain, serta menerima cara-cara baru dalam melakukan hal-hal yang orang lain memikirkan. Keterbukaan membangun saling menghormati dan kepercayaan antara pemimpin dan pengikut, dan juga membuat tim dengan baik disertakan dengan ide-ide baru yang dapat lebih lanjut visi. Kreativitas adalah kemampuan untuk berpikir secara berbeda, untuk keluar dari kotak yang membatasi solusi. Kreativitas pemimpin memberikan kemampuan untuk melihat hal-hal yang orang lain tidak melihat dan dengan demikian menyebabkan pengikutnya di arah baru. Pertanyaan yang paling penting bahwa seorang pemimpin dapat tanyakan adalah, "Bagaimana jika ...?" Mungkin hal terburuk seorang pemimpin dapat katakan adalah, "Saya tahu ini pertanyaan bodoh ... " Keadilan berarti berhubungan dengan orang lain secara konsisten dan adil.

Seorang pemimpin harus memeriksa semua fakta dan mendengar semua orang keluar sebelum melewati penghakiman. Dia atau dia harus menghindari melompat kesimpulan berdasarkan bukti tidak lengkap. Ketika orang merasa bahwa mereka yang sedang diperlakukan secara adil, mereka pahala seorang pemimpin dengan loyalitas dan dedikasi. Sikap asertif tidak sama dengan agresivitas. Sebaliknya, itu adalah kemampuan untuk dengan jelas menyatakan apa yang diharapkan, sehingga tidak akan ada kesalahpahaman.

Seorang pemimpin harus bersikap tegas untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Seiring dengan ketegasan muncul tanggung jawab untuk secara jelas memahami apa yang pengikut harapkan dari pemimpin mereka. Banyak pemimpin mengalami kesulitan mencolok jumlah yang tepat ketegasan, menurut sebuah studi dalam edisi Februari 2007 Journal of Psikologi Kepribadian dan Sosial, diterbitkan oleh APA (American Psychological Association). Tampaknya bahwa menjadi underassertive atau overassertive mungkin kelemahan yang paling umum di kalangan calon pemimpin. Rasa humor sangat penting untuk meredakan ketegangan dan kebosanan, serta permusuhan todefuse. 
Para pemimpin yang efektif tahu bagaimana menggunakan humor untuk energi pengikut. Humor adalah suatu bentuk kekuasaan yang menyediakan beberapa kontrol atas lingkungan kerja. Dan hanya menempatkan, humor memupuk persahabatan yang baik.