Selasa, 31 Januari 2012

Kerjasama "teamwork"

Kerjasama atau "teamwork" adalah merujuk pada praktik seseorang atau kelompok yang lebih besar yang bekerja di khayalak dengan tujuan atau kemungkinan metode yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah dalam persaingan


Kerja sama umumnya mencakup paradigma yang berlawanan dengan kompetisi. Banyak orang yang mendukung kerja sama sebagai bentuk yang ideal untuk pengelolaan urusan perorangan.
Untuk melakukan suatu tujuan tertentu orang-orang akan melakukan kerjasama dengan membentuk suatu team yang kuat.
Berikut merupakan salah satu bentuk yang mungkin terjadi didalam pembentukan kerjasama atau team.
  • Anggota Team terdiri dari orang-orang yang ahli di bidang masing-masing, bekerja sama saling melengkapi dan semuanya sukses mencapai tujuan

  • Anggota Team terdiri dari orang-orang tidak kompeten sehingga tujuan tim tidak tercapai

  • Anggota Team yang terdiri dari orang-orang kompeten, tapi gagal total mencapai tujuan yang diinginkan. 
Hal yang terjadi dikarenakan semua anggota bicara terus & tidak ada action, semua anggota bikin rencana terus & tidak ada wujudnya, semua anggota tim bekerja tanpa arah dan bisa juga semua anggota team bekerja lurus sesuai pola di masa lalu. Fenomena terakhir cukup banyak terjadi, dimanapun di dunia.


Menurut Robert G Allen dalam bukunya “The One Minute Millionaire”, manusia yang bekerja dapat dikelompokkan menjadi 4 tipe yaitu:

1. Kelinci
Berperan sebagai Kelinci, yaitu orang yang memiliki imajinasi paling liar. Mereka termasuk cerdas karena dapat berpikir di luar aturan baku yang ada. Istilahnya adalah “out of the box”. Jika tidak memiliki teman tipe burung hantu, kura-kura dan tupai, orang tipe kelinci dapat menjadi orang yang menyebalkan karena dapat berpindah dari 1 ide ke ide lain dengan cepat. 
2. Burung hantu
Mereka yang termasuk kelompok burung hantu adalah mereka yang mampu menyusun rencana detail untuk mewujudkan ide dari si Kelinci
3. Kura-kura
Ini adalah kelompok manusia yang sedikit pesimis sehingga selalu berusaha mencari celah menemukan kelemahan suatu peluang. Manusia tipe ini dibutuhkan agar rencana yang dibuat tim dapat dinilai dengan objektif.
4. Tupai
Mereka yang termasuk kelompok ini adalah tipe karyawan yang mengerjakan tugasnya sesuai prosedur operasional yang ada. 

Idealnya susunan team perlu terdiri dari 4 tipe orang tersebut. 
Jika anggota tem terdiri dari para Kelinci, maka tim akan terus mendapatkan ide-ide kreatif sampai berakhirnya kehidupan manusia. 
Team yang terdiri dari para tupai akan bekerja dengan pola yang sama, dari zaman purba hingga zaman informasi seperti sekarang. 
Team yang terdiri dari burung hantu, bisa dipastikan team tersebut akan menghasilkan rencana seperti budget plan, jadwal cuti, pembagian tigas dsb.
Team yang terdiri dari kura-kura akan terlibat nostalgia sepanjang masa.

Jadi didalam membangun suatu kerjasama atau teamwork kita perlu memikirkan strategi untuk mencapai kesuksesan seperti yang kita dambakan.

Demikianpula di bisnis DBS, kita perlu secara jeli merekrut orang-orang yang akan kita jadikan partner kita..

Salam.. Semangat.